Selasa, 16 Februari 2010

Ilmu Budaya Dasar

Kali ini saya akan menerangkan tentang Ilmu Budaya dasar dan untuk lebih mudahnya saya singkat menjadi IBD. Oke,dalam pengertian sederhana kita bisa melihat dari namanya budaya dasar berarti dalam hal ini kita akan mempelajari masalah yang menyangkut tentang budaya yang mepengaruhi kehidupan manusia beserta perangkatnya. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang menuntut seseorang agar bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Pengelompokan IBD(Menurut Prof. Dr.Harsya Bactiar)

1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
2.Ilmu-Ilmu sosial ( social scince ) .ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) .bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Setiap ilmu pengetahuan pasti mempunyai suatu tujuan dari ilmu itu buat apa dan untuk apa ilmu itu dipelajari.berikut adalah beberapa tujuan mahasiswa untuk mempelajari IBD:
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka kedepannya dalam lingkupa dunia kerja yang penuh tantangan.
2.Memperluas pandangan mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.sehingga mereka bisa mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.
3.Membentuk sosok figur mahasiswa yang cocok sebagai calon pemimpin Bangsa dan Negara yang ahli dalam bidangnya, disiplin, dan tidak melenceng ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
4.Membentuk keberanian mahasiswa untuk berkomunikasi kepada sesama agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Sehingga segala yang diucapkan bermakna dan tidak bertele tele.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Dua masalah pokok dalam ruang lingkup IBD adalah :
1.Aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2.Hakekat manusia yang satu atau universal,keanekaragam dalam hakekat kehidupan manusia merupakan perwujudan kebudayaan masing-masing jaman dan tempat yang berbeda.

Dari dua aspek diatas dapat dikembangkan menjadi 8 pokok bahasan, yaitu : 1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan

Perbedaan dan Persamaan Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Sosial Dasar :

Perbedaannya_Ilmu Budaya Dasar merupakan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah mengenai manusia dan budaya serta perangkat perangkatnya. Sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan tentang hubungan anatara manuasia dengan manusia dalam menjalani kehidupan,bagaimana cara bersikap, apa saja sifat yang harus disesuaikan dengan masyarakat, pro dan kontra dalam mengungkapkan pendapat, dan lain lain asalkan menyangkut tentang kehidupan antar manusia.

Persamaannya_kedua ilmu ini merupakan dasar ilmu yang kuat yang baik dan berguna bagi kita untuk menjalani hidup didunia dalam bermasyarakat dan berbudaya.


Saya rasa sekian tulisan tentang ilmu budaya dasar dari saya, semoga dapat menambah pengetahuan bagi saya dan kita semua.AMIN..
Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar