Jumat, 11 Desember 2009

KEHIDUPAN ANAK KOS

Yup..itulah salah satu realita dalam bidang pendidikan. Sebelum dan setelah kita lulus SMA pasti kita berpikir untuk kuliah dimana. Ada yang berniat untuk tetap di dalam lingkungan daerah asalnya, ada yang ingin merantau untuk mencari kehidupan dan tantangan yang baru, dan ada juga yang ingin melanjutkan kuliahnya di luar negri. Yah itu sih tergantung kemampuan, niat dan tujuan dari kita masing masing..yang penting tujuannya satu yaitu sama sama mau menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, dan pasti tujuan utama adalah keberhasilan. Semoga kita sukses dalam hidup ini dan mencapai keberhasilan.. AMIN!!

Oke pada hal ini saya akan membahas tentang orang yang lulus SMA dan melanjutkan pendidikannya di luar daerah (kebetulan ini pengalaman penulis sendiri.hehe..).

Orangtua pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya, apalagi yang menyangkut kehidupan anaknya yang baru dan mulai belajar jauh dari kawasan orang tua dalam proses menuju kedewasaan. Untuk itu pasti mereka mulai berpikir tentang, biaya sekolah, biaya hidup, lingkungan, dan tempat tinggal. Dalam mencari tempat tinggal (Rumah kontrakan/ kosan) ada yang perlu di perhatikan :

1.Lingkungan
Dalam hal ini kita harus melihat dari segi kenyamanan, keamanan dan ketentraman. Di suatu kos belum tentu yang di penuhi mahasiswa dan satu kampus enak di tempati. Kadang suasananya yang ribut dan bising membuat kita terganggu dan akhirnya mnghilangkan mood kita untuk belajar, terus kita harus melihat dari segi ketentraman..kadang ada kosan yang ramai oleh anak anak kampus, yang memang pergaulan disana memungkinkan masuk dengan mudah kekamar sesorang seenaknya. Ini bisa membuat kita risih dan akhirnya kembali lagi konsentrasi kita terusik. Kemudian yang paling penting adalah carilah lingkungan kos yang jauh dari narkoba dan seks bebas, karena jika seseorang terjerat dalam narkoba dan seks bebas..maka akan sulit sesorang itu untuk menjauh dan menghentikan perbuatan yang terlarang itu, hal itu disebabkan karena adanya kecendrungan keterikatan. Sehingga cara yang dapat ditempuh adalah rehabilitasi atau pengawasan yang ekstra dari keluarga. Inilah salah satu hal yang paling ditakutkan oleh orangtua. Karena dengan masuknya seorang anak ke dunia kelam tersebut akan merubah pemikiran, pola tingkah laku dan gaya hidup dari seseorang tersebut. Dan hidup akan menjadi sia sia terbuang tak berguna.

2.Peraturan
Dalam hal ini, sebaiknya kita memilih kosan yang ada jam malamnya dan ada penjaganya. Maksudnya ada batas batas untuk masuk ke kosan dan jika batas sudah lewat pintu pagar akan dikunci. Sehingga ini membuat kita merasa aman dengan adanya peraturan tersebut. Sedangkan untuk hal penjaga, itulah salah satu fasilitas dari kosan yang digunakan sebagai security. Sehingga kita aman berada di kosan, dan bisa menimalisir adanya tindak kejahatan dan permapokan.

3.Biaya
Biasanya ini yang paling di perhitungkan sebagian orang. Sebenaranya kita tidak harus terlalu pusing dalam urusan biaya ini, kita tidak perlu terlalu bagus dan mewah juga untuk memilih kosan, yang penting sudah memenuhi pilihan syarat yang di atas. Jika itu sudah tercakup dan fasilitas kosan sudah mantap dengan kebutuhan kita. Ambillah kosan tersebut..jangan berpikir dua kali lagi. Karena itu sangat menunjang seseorang anak dalam kehidupan sehari-harinya..Untuk menjadi seseorang yang berguna dan bisa dibangkan bagi orangtua, masyarakat dan negara.

Mudah mudahan kita termasuk dalam cakupan orang yang berguna dan dibanggakan.AMIN!


Mungkin sekian dulu tulisan dari saya,semoga bisa di ambil manfaatnya:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar