Senin, 31 Desember 2012

Manfaat Tanaman Cincau


 





  Cincau merupakan nama tumbuhan yang dari daunnya bisa diolah menjadi semacam gel yang menyerupai agar-agar. Agar-agar dari cincau ini biasanya dinikmati sebagai salah satu komponen utama campuran minuman penyegar, seperti es cincau, es campur, es cendol, es teler, cappuccino cincau, dan sebagainya.

     Selain rasanya yang enak karena terasa kenyal-kenyal saat dimakan, cincau banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Ada dua jenis cincau, yakni cincau hijau yang berasal ari tanaman Cyclea barbata dan cincau hitam dari tanaman Mesona palustris atau cincau perdu Premna serratifolia.

     Cincau sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Cincau juga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet rendah kalori namun kaya serat. Cincau diyakini mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare. Sedangkan serat yang terkandung di dalam cincau bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen pemicu kanker.

     Daun tanaman cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin diyakini mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S.S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

     Kabar terbaru menyebutkan bahwa tanaman cincau dapat membersihkan paru paru atau organ organ yang rusak karena merokok. Caranya dengan merebus 3 atau 4 lembar daun cincau dengan campuran air, setelah mendidih tuangkan airnya ke gelas dan minum secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Khasiatnya, air cincau yang masuk kedalam tubuh kita akan membantu membersihkan bagian yang kotor karena rokok dan mengeluarkannya lewat urin.

Gimana?buat para perokok mau mencobanya? :)


____________________
Referensi:

http://info-baik.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar