Selasa, 16 Oktober 2012

TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN DENGAN KONSUMEN DAN LINGKUNGAN

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

 Tanggung jawab terhadap Pelanggan
            Tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan jauh lebih luas daripada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produknya, yang akan didiskusikan kemudian . Diantaranya adalah praktik tanggung jawab produksi dan praktik tanggung jawab penjualan. Perusahaan dapat menjamin tanggung jawab social kepada pelanggannya dengan beberapa tahap yaitu: dengan menciptakan kode etik, memantau semua keluhan pelanggan, dan meminta umpan balik dari pelanggan atas barang/jasa yang mereka beli.

Tanggung Jawab terhadap lingkungan
      Kualitas lingkungan adalah kebaikan public, dimana setiap orang menikmatinya tanpa peduli siapa yang membayar untuknya. Jika suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan membawa dampak negative tehadap lingkungan (pencemaran lingkungan) seperti, polusi udara, tanah dan air. Untuk itu sudah seharusnya perusahaan mempunyai cara penanggulan akibat dari pencemaran lingkungan tersebut. Dan dengan menanggulangi permasalahan pencemaran lingkungan tersebut, suatu perusahaan akan mendapat tempat di hati lingkungan masyarakat karena ikut menjaga dan bertanggung jawab dengan lingkungan yang digunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar