Kamis, 26 Mei 2011

SPYWARE

Spyware adalah perangkat lunak yang berniat menyesatkan anda dan terinstal secara rahasia di komputer melalui web, sekali terinstal di hardisk anda, maka spyware menjadi lahan bagi orang luar untuk mengakses informasi rahasia anda.Sekali terinfeksi penyakit ini maka data2 dan informasi rahasia anda baik berupa history, alamat email, password bahkan setiap huruf yang anda ketik akan diakses orang lain dengan mudah.

Dibawah ini adalah penjeasan tentang macam-macam spyware :


Adware : bentuk lain dari malware dan persis seperti namanya, perangkat lunak dengan tujuan promosi atau iklan yang dapat melacak pembelian online atau penjelajahan web anda lewat iklan2 yang tidak diundang. Adware biasanya terdapat didalam software freeware yang kita download. Meskipun beberapa program memberikan pilihan untuk tidak menginstal adware ekstra, banyak sekali software gratis menambahkan adware didalamnya tanpa sepengetahuan kita.

Browser Hijacker : merupakan jenis spyware yang dapat mengubah tampilan Home Page anda berubah dengan halaman web lain. Dimana nanti browser anda dimasukan link tertentu. Yang berarti, program Browser anda secara tidak langsung sudah dibajak dan diarahkan ke situs tertentu.


Search Hijacker : suatu bentuk modifikasi sistem spyware yang dirancang untuk mengendalikan mesin pencari default , dan juga merupakan jenis spyware yang dapat memblokir proses pencarian anda pada mesin pencari sesungguhnya dan menampilkan hasil dari jasa yang telah dikendalikan serta mengarahkan hasil pencarian Anda ke situs web yang berbeda dan menampilkan hasil dari jasa yang telah dikendalikan.

Keylogger : merupakan sebuah perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Dapat merekam setiap karakter yang anda ketik dan mentransmisikan informasi tersebut kepada orang lain di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar