Senin, 06 Desember 2010

"FLEA" Michael Peter Balzary

Lahir pada 16 oktober 1962 Melbourne,victoria,Aussie dengan nama asli: Michael Peter Balzary. Ketika masih berumur 4 tahu, Flea kecil dihadapkan pada perceraian. Perceraian itu pula yang membuatnya pindah ke New York (walaupun tidak lama) lalu pada akhirnya pindah lagi ke L.A. (1972) Flea kini cukup beruntung, ayah tirinya,Walter Urban Jr adalah seorang musisi jazz yang sedang mulai meniti karir.Flea cukup sering duduk melihat latihan ayah-tirinya berlatih.

Kehidupan Flea muda di SMU cukup sulit baginya, dia hanya punya sedikit teman. Di saat teman-temanya menyukai musik Disco atau dansa Fea muda lebih memilih mengidolakan artis Jazz macam dMiles David dan Dizzy Gilespie.

Intrumen musik pertama calon Bass-Hero ini adalah drum, tapi itu cuma sebentar dan dia memilih trumpet, sepulang sekolah dia biasanya berlari dan mendengarkan musik Dizzy Gilespie sambil mamainkan trumpetnya.

Di suatu waktu, Flea muda mendapatkan sebuah kesempatan untuk bertemu dengan idolanya. Ibunya mengajaknya ke belakang panggung dan bertemu dengan Dizzy Gilespie seusai konser.

Bertemu dengan Hilel Slovak dan Jack Irons, Flea berubah haluan menjadi penggemar berat musik Funk dan menjadikan Jimmy Hendrix sebagai idola baru.

Di akhir 1977, Flea bertemu dengan Anthony Kiedis, pertemuan ini sedikit unik karena keduanya nyaris bertengkar dan akhirnya menjadi sepasang "duo" yang tidak dapat dipisahkan.

Tahun 1979, Flea membentuk sebuah band dengan teman-teman seangkatanya:Jack Irons dan Hilel Slovak dengan Alain Johannes di vokal. Disini Flea memakai Bass, alat musik yang belum pernah dia mainkan sebelumnya berlatihbeberapa bulan, Flea mendapatkan gaya bermainya sendiri.

Selama itu, mereka lalu-lalang dari klab satu ke klab yang lain dan anthony Kiedus selalu ada untuk mendukung para sahabatnya serta menjadi presenter dari setiap show.

Tepat sebelum 1982, FLea bergabung di L.A. Punk band yang bernama Fear, juga mendapat peran figuran di film Suburbia. Tertarik dengan style dan teknik Flea, para personel Fear menwarkan untuk bergabung dengan mereka, tapi Flea lebih memilih untuk bergabung dengan pasukan lamanya lalu terbentuklah sebuah band fenomenal yang bertahan sampai sekarang:"Red Hot Chili Peppers".


Flea dan Soundnya

Berikut ini adalah tips dari Tracy Robar, teknisi bass yang telah lama membantu Flea untuk mendapatkan sound bassnya yang dahsyat itu.

Tracy sendiri bukan teknisi yang sembarangan, sebelum bekerja untuk Flea dan Red Hot Chili Peper ia sebelumnya menjadi teknisi stage di L.A Palladium, lalu menjadi teknisi untuk L7 dan Dada.

Kemahiran sebagai teknisi inilah yang membuatnya bekerja sama dengan para musisi top seperti Sheryl Crow, Rage Against The Machine, Nine Inch Nails, dan akhirnya dengan Red Hot.

•Bass dan string

Tracy Membeberkan sedikit mengenai peralatan yang digunakan Flea. Untuk tur, Flea membawa empat bass Modulus Signature Series. Biasanya ia menggunakan satu saja untuk seluruh tur, kecuali kalau ada lagu-lagu yang mengharuskannya menggunakan tuning yang berbeda.

Semua bass yang digunakan Flea memakai BaddAss II bridge, Aguilar OBP-1 pre-amp, dan Lane Poor pickup. Flea juga memakai strings GHS Boomers ukuran 45--105, dan selalu mengganti senar bass utamanya sebelum show, sedangkan bass-bass cadangannya biasanya ganti senar seminggu sekali. Sekarang GHS sudah menerbitkan Boomers seri Flea Signature Series.
Untuk lagu-lagu yang membutuhkan pick, misalnya lagu 'Parallel Universe', Flea memakai Dunlop Tortex 60mm. Flea suka sekali memasang bassnya pada oktaf yang sangat rendah. Memakai tuning Peterson Strobe dan Korg Digital Tuner.



•Rig

Rig yang dipakai sederhana sekali, memakai dua direct boxes untuk mengirim pre dan post sinyal efek ke mixer utama dan kemonitor di panggung. Flea memakai Shure wireless system untuk semua bassnya. Dari receiver wireless, sinyal-sinyal bass dikirimkan ke direct input (DI) yang aktif (biasanya memakai Brooks Siren) yang mengirimkan line langsung ke house mixer dan ke pedal board-nya.


•Efek

Efek yang digunakan Flea antara lain Electro Harmonix Q-Tron (coba dengarkan suara filter dalam lagu 'Sir Psycho Sexy'), sebuah MXR Micro Amp (agar mendapatkan boost saat memakai teknik Slapping), dan sebuah Boss ODB-3 Overdrive untuk mendapatkan suara distorsi. Dari pedal board, sinyal akan memasuki Whirlwind DI (diset pasif) yang menyediakan audio untuk monitor dan post effects line untuk house mixer.

Kemudian sinyal dikirim ketiga Gallien Krueger 2001 RB Amp Head, lalu disambungkan ke dalam rangkaian serial. Sehingga satu head dapat menjadi "Master Head".
Setiap head memakai dua amplifier (bi amp) ke dalam kabinet G-K 410RBH 4x10 dan 115 RBH 1x15, dengan sebuah speaker 10 inci yang di-miking dengan Hsure SM98, yang mana sinyal dari mic ini juga dikirim ke house.



•Kabel

Untuk semua koneksi kabel menggunakan Monster Cable, dan dilindungi oleh Furman Power Conditioners untuk menjaga terhadap gangguan listrik. Untuk cadangan ada dua 2001RB sebagai ekstra.

Kurang lebih seperti itu sound yang dipergunakan oleh Flea, mudah-mudahan informasi ini berguna dan bisa diterapkan dalam menemukan sound yang diinginkan.


Pada saat sekarang ini Flea sudah mengeluarkan bass khusus yang diberi nama FLEABASS, ini dikhususkan bagi para musisi yang ingin mempunyai sound yang mirip dengan sound khasnya flea, bass ini memungkinkan untuk tidak merogoh kocek yang dalam, berbeda dengan kita harus membeli bass yang dipakai oleh Flea yaitu MODULUS,MUSICMAN STINGRAY,FENDER JBass..jika ingin membeli ini kita diharapkan untuk memiliki uang > 10 juta. wooow!!!!!
untuk itulah produk ini diciptakan,memakmurkan para pemain yang ingin mendapatkan sound yang lumayan mantap dengan harga $ 499.

WEBSITE http://www.fleabass.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar